<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\0753380809650823298644\46blogName\75Mancing+Laut\46publishMode\75PUBLISH_MODE_BLOGSPOT\46navbarType\75BLUE\46layoutType\75CLASSIC\46searchRoot\75http://mancinglaut.blogspot.com/search\46blogLocale\75in\46v\0752\46homepageUrl\75http://mancinglaut.blogspot.com/\46vt\0757709192566468297645', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

02 September 2012


MANCING YUK (CILINCING)

Dari Tanjung Priok belok kanan arah Cilincing, pada persimpangan ambil lurus terus arah Cilincing atau Rorotan, belok kiri di Pasar Cilincing. Buat rekan2 yang bawa mobil sebaiknya kendaraan diparkir pada Vihara, selain aman, penjaga di sana juga ramah. Biaya parkir untuk 1 hari sebesar Rp. 10.000,- (meski tidak dipasang tarif tapi itu adalah harga yang pantas). Jika dengan sepeda motor, anda dapat langsung menuju dermaga atau ke perkampungan nelayan.
Dari Dermaga kecil di Cilincing, kita menggunakan kapal milik Bapak Yusuf untuk mengantar kami ke kapal tongkang di tengah laut untuk mancing ikan ketang-ketang. Biaya yang dikenakan per orang sebesar Rp. 15.000. Kail yang dipergunakan sebaiknya kail kecil, karena jenis ikan ini memiliki mulut kecil seperti ikan baronang. Umpan yang dipergunakan bisa memakai udang api2 yang sudah mati, dikupas lalu dipakai (ini dapat kita beli tidak jauh dari Tanjung Priok atau langsung saja beli di Pasar Cilincing. Untuk chumming/bom kami gunakan nasi putih (Jangan lupa mampir beli makan siang dan minum sebelum kita melaut dan beli nasi agak banyak)
Setelah puas sarapan dan ngopi di warung pak Yusuf, kami mulai berangkat melaut. Tempat yang kami tuju adalah kapal tongkang yaitu kapal pengangkut pasir kaca (kebetulan ada 3 buah kapal) yang bersandar tidak jauh dari pantai, kira2 25menit jarak yang ditempuh dengan kapal motor dari pantai. Bang Toni (Setan Empang) inipun memberanikan diri untuk mencoba peruntungannya di laut meski dilarang sama gurunya.
Peserta lain yang tidak mau ketinggalan adalah Cang Udin. Pedagang alat2 pancing (empang ataupun laut) ini sudah banyak makan air garam kehidupan mancing laut, jadi banyak cerita yang disampaikan saat perjalanan, ada cerita lucu sedih dan ada yang berbau horor pengalamannya mancing laut.
Bang Edi panggilannya, PM (Polisi Militer) yang bertugas di Guntur ini juga sering gabung dengan kami untuk mancing laut atau mancing di alam bebas. (Klik di sini untuk info mancing di alam bebas). Sayangnya kini beliau telah Almarhum karena sakit yang cukup lama dan dimakamkan di kampung tempat kelahirannya di Sumatera. Ada rasa perih karena kehilangannya mengingat sangat banyak kenangan yang telah kami ciptakan bersama. Semoga kini bang Edi telah tenang dan damai di sisi Sang Pencipta sesuai dengan amal ibadahnya.. Amin.
Begitu kapal kami mendarat, masing2 kami cari PW (Posisi Wuenak). Saya sendiri cari posisi yang terhalang dinding bak pasir agar bisa berteduh dan bersandar sambil tiduran. Tapi belum berapa lama duduk nyenyak, umpan mulai ditarik ikan, langsung digentak dan ternyata sesuai perkiraan. Ikan ketang-ketang seukuran 5 jari naik keangakat, selanjutnya berkali-kali ketang2 kami gentak. Om Toni dapat yang cukup besar ukuran 8 jari atau 1 kiloan (Ah... kebetulan doang..)
Lebih dari 4 jam kami gak berhenti nggentak ikan, meski kadang dapat ikan, kadang dapat pegel ama penasaran doang. Rupanya nasi yang kami tabur untuk chumming (bom) bekerja dengan baik. Oh iya, nasi yang kami pakai kebetulan nasi padang karena saat pagi tadi mampir dulu di warung padang untuk bekal makan siang. Tapi tiba2 gentakan berhenti bersamaan. Tidak ada satupun dari kami yang nggentak lagi. Why...??
Sementara hari sudah menjelang sore bahkan nyaris gelap. Ikan gak mau makan umpan yang setelah permukaan laut kami perhatikan ternyata di laut bergerombol ubur2 mulai dari bayi, anak, remaja, orangtua sampai kakeknya ada semua. Pantesann.... Ingat film Finding Nemo? Mana ada ikan berani ama ubur2? Jadi pulang aja ah.... BTW kemana tukang perahu nih... udah jam 17.20 masih belum nongol juga. Kalo sampai nginap bisa tar malam makan ikan mentah. Untung datang tuh tukang perahu yang langsung minta maaf karena ketiduran di rumah janda.
Sepanjang perjalanan pulang, kami banyak menyaksikan bagan cero yaitu bagan untuk menjala ikan2 kecil yang sering dapat ikan umpan seperti selar atau kembung. Biasanya saat mancing di tengah laut dengan kapal, kami mampir ke bagan ini untuk membeli ikan tersebut. Jadi ikannya masih hidup dan harganya murah. So.. kalo lagi kebelet mancing laut tapi dana atau waktunya mepet, mending ke Cilincing aja... masih banyak ikan2 yang meski tidak besar tapi dapat mengobati akan kerinduan mancing para Pancinger. Siyu tumoro...

MANCING YUK.. LAINNYA:

INFO PENTING:

Lanjutan..!

23 Agustus 2012


JENIS IKAN TUNA

TUNA SIRIP KUNING
NAMA LAIN: Yellowfin Tuna, Allison Tuna, Ahi
JENIS: Thunnus Albacres
UKURAN: Umumnya lebih dari 100 kg, maximum bisa mencapai 200 kg
REKOR DUNIA: 388 pounds
KARAKTER: Petarung yang tangguh kedua setelah Tuna Sirip Biru, dan hanya dikarenakan oleh ukurannya yang lebih kecil dibandingkan dengan Tuna Sirip Biru.

TUNA SKIPJACK (Jenis Tongkol)
NAMA LAIN:Skipjack Tuna, Oceanic Bonito, Arctic Bonito, Striped Tuna, Watermelon
JENIS: Katsuwonus Pelamis
UKURAN: Umum 1-5 kg, sering mencapai 7,5 kg lebih
REKOR DUNIA: 45 pounds
KARAKTER: Petarung yang hebat untuk piranti ringan.

TUNA KECIL (Jenis Tongkol)
NAMA LAIN:Little Tunny, Blue Bonito, False Albacore, Little Tuna
JENIS: Euthynnus Alletteratus
UKURAN: Umum 1-7,5 kg, sering mencapai 15 kg lebih
REKOR DUNIA: 35 pounds
KARAKTER: Petarung yang hebat untuk piranti ringan.

FRIGATE MACKEREL (Jenis Tongkol)
NAMA LAIN: Bonito, Tinker Mackerel
JENIS: Auxis thazard
UKURAN: Merupakan yang terkecil diantara keluarga Tuna
REKOR DUNIA: Tidak ada
KARAKTER: Jika bermaksud memancingnya (biasanya sebagai umpan untuk ikan yang lebih besar), peralatan yang paling baik adalah piranti jenis Spinning dengan umpan jigging kecil.

TUNA GIGI ANJING
NAMA LAIN: Dogtooth Tuna, Scaleless Tuna, Peg tooth Tuna
JENIS: Gymnosarda Unicolor
UKURAN: Umumnya berkisar 150 kg
REKOR DUNIA: Tidak ada
KARAKTER: Petarung yang tangguh dikedalaman laut yang biasanya memanfaatkan struktur gugusan karang untuk membuat jengkel pemancing

>
TUNA SIRIP BIRU
NAMA LAIN: Bluefin Tuna, Giant Tuna, Horse Mackerel
JENIS: Thunnus Thynnus
UKURAN: Umumnya 100-300 kg, kadang mencapai 450 kg REKOR DUNIA: 1,496 pounds
KARAKTER: Petarung yang tangguh dilaut dalam. Diantara keluarga Tuna, Tuna Sirip Biru adalah yang terbesar dan petarung yang paling tangguh dikarenakan ukurannya yang sangat besar.

TUNA SIRIP HITAM
NAMA LAIN: Blackfin Tuna, Bermuda Tuna, Football
JENIS: Thunnus Altanticus
UKURAN: Umum 1-10 kg, kadang mencapai 20 kg lebih
REKOR DUNIA: 45 pounds
KARAKTER: Terbaik diantara jenis ikan yang dipancing dengan piranti yang sekelas dengan berat ikan.

TUNA MATA BESAR
NAMA LAIN: Bigeye Tuna
JENIS: Thunnus Obesus
UKURAN: Umumnya 25-500 kg, kadang mencapai 150 kg
REKOR DUNIA: 435 pounds
KARAKTER: Ukuran Tuna yang baik dan perlawanan yang setara dengan ukurannya.

BONITO ATLANTIC (Jenis Tongkol)
NAMA LAIN: Atlantic Bonito, Northern Bonito, Katonotel, Boston Mackerel
JENIS: Sarda Sarda
UKURAN: Umum 2-5 kg, maximum bisa mencapai 10 kg
REKOR DUNIA: 18 pounds
KARAKTER: Seperti Tuna lainnya, termasuk petarung yang hebat.

TUNA SIRIP PANJANG
NAMA LAIN: Albacore, Longfin Tuna
JENIS: Thunnus Alalunga
UKURAN: Umum 5-25 kg, kadang mencapai 40 kg lebih
REKOR DUNIA: 88 pounds
KARAKTER: Dikenal karena kegigihannya, bahkan diantara keluarga Tuna yang tangguh sekalipun.

TENTANG IKAN LAINNYA:

Lanjutan..!

JENIS IKAN MACKEREL (TENGGIRI)

TENGGIRI LAKI (Wahoo)
NAMA LAIN: Wahoo, Peto, Ono
JENIS: Acanthocybium Soladri
UKURAN: Umumnya 5-25 kg, maximum +/- 100 kg
REKOR DUNIA: 158 pounds
KARAKTER: Umumnya menyambar umpan di permukaan dengan kecepatan yang spektakuler, tetapi jarang melompat saat terpancing. Akan melakukan perlawanan dengan berkali-kali melarikan diri dengan liar, biasanya dipermukaan. Merupakan yang tercepat dalam gamefish

MACKEREL SPANYOL
NAMA LAIN: Spanish Mackerel, Sierra
JENIS: Scomberomorus Maculatus
UKURAN: 0,5-1,5 kg, berat maximum melebihi 5 kg
REKOR DUNIA: 13 pounds
KARAKTER: Cukup menonjol untuk piranti ringan, berenang dengan sangat cepat.

TENGGIRI
NAMA LAIN: Narrow-barred Mackerel, Spaniards, Tanguigue
JENIS: Scomberomorus Commersoni
UKURAN: 5-15 kg, kadang bisa melebihi 60 kg
REKOR DUNIA: Tidak tercatat
KARAKTER: Dihargai sebagai salah satu yang terbaik dalam olah raga mancing. Menyambar umpan dengan ganas dan mempertontonkan kegigihan yang dipadukan dengan kecekatan dan kecepatan yang mengagumkan.

MACKEREL RAJA
NAMA LAIN: King Mackerel, Kingfish, Sierra, Cavalla
JENIS: Scomberomorus Cavalla
UKURAN: 2-25 kg, kemungkinan bisa mencapai 50 kg
REKOR DUNIA: 90 pounds
KARAKTER: Jenis ini berenang secepat wahoo, walaupun jarang diakui. Bagaimanapun juga jenis ini amat kuat dan merupakan petarung yang gigih diberbagai ukuran.

MACKEREL CERO
NAMA LAIN: Cero Mackerel, Painted, Mackerel, Pintada
JENIS: Scomberomorus Regalis
UKURAN: 0,5-2,5 kg, berat maximum diperkirakan 10 kg
REKOR DUNIA: 17 pounds
KARAKTER: Cukup menonjol, berenang dengan sangat cepat.

TENTANG IKAN LAINNYA:

Lanjutan..!

MANCING YUK (PANTAI POPOH)

Saya tidak akan menyarankan rekan2 untuk mancing di Pantai Popoh, lokasinya di Tulung Agung, Jawa Timur kecuali terpaksa (misal posisi sedang wisata di wilayah ini). Ada beberapa hal yang menyebabkan Pantai Popoh dalam Blacklist daftar mancing laut saya, yaitu:
  1. Tidak ada kapal sewaan untuk mancing, jadi kalau Anda nekat mau sewa kapal maka akan dikenakan harga wisata yiatu Rp. 200.000 /jam. Hal ini sudah saya tanyakan sampai puluhan kapal yang bersandar. Jadi silahkan dibayangkan jika Anda ingin menyewa kapal untuk sehari semalam.
  2. Umpan yang kita beli di pantai memang tidak mahal karena tidak ada udang atau cumi yang masih segar.
  3. Ikan yang kita dapat saat mancing, lebih banyak ikan hias atau rajungan bahkan dua kali  saya dapat ular belang kuning.
  4. Mancing dari pinggir (Surf Casting) pun tidak luput dari gangguan kapal nelayan yang hilir mudik, padahal saya sudah berjalan cukup jauh 2-3 km ke arah bukit di samping kiri pantai.
Jadi saran saya jangan mancing di Pantai Popoh, jauh lebih enak wisata dan belanja souvenir aja di pantai yang juga merupakan pasar di wilayah ini. Kalau tetap ingin mancing juga, sebaiknya pindah lokasi ke Pantai Prigi yang berjarak 1 jam perjalanan menyusuri pantai ke arah barat. Di sana jauh lebih rame ikannya (btw banyak ikan Samgeh).

MANCING YUK.. LAINNYA:

INFO PENTING:

Lanjutan..!

MANCING YUK (PANGANDARAN)

Kalau ada tempat wisata pantai yang paling enak untuk dijadikan ajang mancing, mungkin hanya di Pangandaran. Wilayah ini masuk dalam laut selatan yang kita kenal dengan ikannya yang besar2. Lokasi mancingnya tidak jauh dari pantai, sewa kapalnyapun murah bahkan sudah termasuk umpan (ikan kembung atau selar). Menuju Pangandaran dapat ditempuh dengan beberapa cara, yaitu:
  1. Pesawat : Kita bisa ikut penerbangan menggunakan Susi Air (Telp) +62 811 212 3921; +62 811 212 3922, frekuensi penerbangan Jakarta - Pangandaran - Jakarta sebanyak 7 penerbangan/minggu, Jakarta - Pangandaran dari pukul 10:30 - 11:30 (setiap hari), Pangandaran - Jakarta dari pukul 13:30 - 14:30 (setiap hari), Lama penerbangan 1 jam, Harga tiket Rp 520,000 dan jika ada Cargo dikenakan biaya Rp 10,000/kg.
  2. Mobil Pribadi atau kendaraan umu (bus) : Jarak tempuh Jakarta ke Pangandaran (750 km), naik bus Kp. Rambutan-Pangandaran, anda bisa menggunakan bus langsung menuju terminal pangandaran yang hannya berjarak 300 meter menuju gerbang masuk pantai. setelah itu anda bisa berjalan kaki atau menggunakan becak.
  3. Tours & Travel : Silahkan cari sendiri infonya, saya belum pernah menggunakan jasa ini.
  4. Jalur Kereta : Naik kereta jurusan ke Banjar selanjutnya untuk kepangandaran anda bisa menggunakan bus.
  5. Harga Tiket Masuk Pintu Wisata Pantai Pangandaran: PEJALAN KAKI Rp. 3.000, SEPEDA MOTOR Rp. 6.100, SEDAN/SEJENISNYA Rp. 14.700, MINIBUS/KIJANG/SEJENISNYA Rp. 27.700, L300/SEJENISNYA Rp. 40.700, BUS KECIL Rp. 52.500, BUS SEDANG Rp. 79.500, BUS BESAR Rp. 130.500.
Jika membawa kendaraan sendiri (Download Peta Pangandaran), berikut ini adalah tahapan2nya:
  1. Masuk Tol Jakarta - Cikampek - 66.1 km 
  2. Masuk Tol Cipularang - 55.7 km 
  3. Keluar Gerbang Tol Cileunyi Jalan - 34.9 km
  4. Terus lurus ke Jalan Cileunyi - Jatinangor - 0.5 km 
  5. Memutar (U) - 0.3 km 
  6. Belok kiri di Jalan Cipacing - 2.1 km 
  7. Terus ke Jalan Dangdeur - 0.7 km 
  8. Terus ke Jalan Cipasir/Jalan Raya Rancaekek 
  9. Terus mengikuti Jalan Raya Rancaekek - 5.8 km 
  10. Terus ke Jalan Cicalengka - Nagrek - 12.4 km 
  11. Terus ke Jalan Nagreg - Ciaro - 3.3 km 
  12. Terus ke Jalan Nagreg - Limbangan - 5.2 km 
  13. Terus ke Jalan Limbangan - Bandrek - 0.4 km 
  14. Belok kanan untuk tetap di Jalan Limbangan - Bandrek - 41 m 
  15. Belok kiri untuk tetap di Jalan Limbangan - Bandrek - 6.5 km 
  16. Terus ke Jalan Bandrek - Malangbong - 12.2 km 
  17. Belok kanan di Jalan Malangbong - Ciawi - 15.7 km 
  18. Jalan Malangbong - Ciawi belok sedikit ke kiri kemudian ke Jalan Raya Ciawi - 8.4 km 
  19. Terus ke Jalan Raya Cihaurbeuti - 8.6 km 
  20. Terus ke Jalan Raya Gunung Cupu - 5.3 km 
  21. Terus ke Jalan Raya Cikoneng - 10.7 km 
  22. Terus ke Jalan Jenderal Sudirman - 2.4 km 
  23. Terus ke Jalan Ciamis - Banjar - 23.8 km 
  24. Belok sedikit ke kanan di Jalan Letnan Jenderal Soewarto - 1.3 km 
  25. Jalan Letnan Jenderal Soewarto belok sedikit ke kiri kemudian ke Jalan Banjar - Banjarsari - 22.6 km 
  26. Terus ke Jalan Banjarsari - Padaherang - 14.9 km 
  27. Terus ke Jalan Padaherang - Kalipucang - 16.4 km 
  28. Terus ke Jalan Raya Pangandaran - 9.0 km
  29. Belok kiri untuk tetap di Jalan Raya Pangandaran - 4 m 
  30. Belok sedikit ke kiri pada Jalan Kaum - 0.2 km 
  31. Belok kanan untuk tetap di Jalan Kaum - 34 m 
  32. Belok kiri di Jalan Kidang Pananjung - 1.8 km
Nah.. jika kita sampai di Pangandaran sore atau malam hari, langsung saja cari tempat menginap (hotel di sana cukup murah) kemudian kita bisa langsung cari tukang perahu untuk booking atau besok pagi saja saat berangkat mancing, tidak perlu khawatir kehabisan kapal, karena kita bisa pakai kapal nelayan untuk mancing. Biaya sewa seharian berkisar Rp. 500.000 - Rp. 750.000 (dari pagi sampai sore jam 18:00) sudah termasuk umpan.
Kita tidak perlu mancing jauh2 dari pantai, cukup dekat2 pantai pasir putih, maka kita bisa mancing dasar sekaligus mancing atas menggunakan ikan kembung mati yang kita sangkutkan kail kemudian ikan umpan tersebut kita suntik angin dengan alat injek (biasanya dipakai pemancing galatama untuk essen). Umpan kita lemparkan dan biarkan mengalir bersama arus ombak dan siap untuk sambaran ikan Slendro (Garfish, mirip ikan Layur atau Alu-alu). Yang mancing dasar juga harus siap2 menerima sambaran dari ikan kue (GT) dan Kerapu.
Kenikmatan mancing di sini sungguh susah digambarkan, jadi saya tidak perlu bercerita banyak, silahkan saja dinikmati sendiri secara langsung (live). Oh iya.. Untuk pemancing yang hobby mabuk laut, saya sarankan mancing dari pantai menggunakan Joran Antena dengan panjang minimal 4,5m, karena ombak di sana jauh lebih tinggi dibandingkan ombak di laut utara. kemudian kalau mancing terlalu jauh dari pantai, dikhawatirkan anda masuk area samudra, jadi agak susah kalau mancing dasar. Ahhh.... Kalau saja Pangandaran ada di belakang rumah saya. (Ngigau.com)

MANCING YUK.. LAINNYA:

INFO PENTING:

Lanjutan..!

JENIS IKAN KAKAP

Suatu ketika saya mancing dari Batre (pemecah badai) naik dari samping pos polisi Semper, Tanjung Priok. Setelah 1 jam mancing dengan cara Surf Casting, tiba2 umpan disambar ikan dengan tarikan yang dahsyat. Langsung saja benang saya gulung secepat mungkin tanpa memberi celah buat ikan berontak, karena posisi mancing banyak karang yang dapat mengakibatkan benang putus akibat gesekan. Ikan yang naik kira2 beratnya hanya 1,5 kg warnanya hitam agak mirip ikan baronang. Tapi saya kaget saat pemancing lain memberitahu itu adalah Ikan Kakap yaitu Kakap Batu (setahu saya cuma ada Kakap Merah dan Kakap Putih). Ternyata ikan kakap jenisnya ada banyak. Berikut ini adalah jenis ikan kakap yang berhasil dihimpun penulis dan sebagian besar sudah pernah merasakan perlawanan mereka saat tersangkut kail:

EKOR KUNING (Wakung Sawo)
NAMA LAIN: Yellowtail Snapper, Flag, Tail, Rabirubia
JENIS: Ocyurus Chrysurus
UKURAN: Rata-rata 0,5-1,5 kg, dapat mencapai 4 kg
REKOR DUNIA: 8 pounds
KARAKTER: Petarung yang seru untuk kelas piranti yang berimbang dengan berat ikan, dan merupakan yang terbaik diantara ikan-ikan karang lainnya. Karena kebanyakan terpancing dekat permukaan, jenis ini biasanya akan melarikan diri dengan kuatnya. Ekor Kuning sangat ahli dalam hal memutuskan tali pancing pada pinggir tebing karang, atau pada karang yang menjulang tinggi.

KAKAP VERMILLION
NAMA LAIN: Vermillion Snapper, Beeliner, Mingo, Cajon
JENIS: Rhomboplites Aurorubens
UKURAN: Rata-rata dibawah 0,5 kg, bisa mencapai 2,5 kg
REKOR DUNIA: 7 pounds
KARAKTER: Bukan gamefish. Kebanyakan terpancing oleh piranti besar pada kedalaman dan bukan merupakan kombinasi yang imbang untuk ikan sekecil ini.

KAKAP SUTERA
NAMA LAIN: Silk Snapper, Yelloweye
JENIS: Lutjanus Vivanus
UKURAN: Rata-rata 1,5-2,5 kg, berat maximum tidak diketahui
REKOR DUNIA: 18 pounds
KARAKTER: Tidak ada pertarungan yang dapat diharapkan, berkat kedalaman laut dan piranti yang tidak sesuai yang biasanya digunakan.

SCHOOL MASTER
NAMA LAIN: Barred Snapper, Caji
JENIS: Lutjanus Apodus
UKURAN: Rata-rata dibawah 0,5 kg, bisa mencapai 3-3,5 kg
REKOR DUNIA: 4 pounds
KARAKTER: Setara dengan jenis Kakap lainnya untuk ukuran yang sama.

KAKAP MERAH
NAMA LAIN: Red Snapper, North American, Genuine Red, Pargo Colorado
JENIS: Lutjanus Campechanus
UKURAN: Rata-rata 4-10 kg, dapat mencapai 20 kg lebih
REKOR DUNIA: 50 pounds
KARAKTER: Ikan petarung yang gigih dengan menggunakan kekuatannya, taktik dengan menggoyangkan kepalanya daripada berenang terus menerus.
Jika ingin tahu lebih banyak tentang ikan Kakap Merah, habitatnya dan bagaimana teknik memancingnya, silahkan kunjungi blog ini: Ikan Mania

KAKAP RATU
NAMA LAIN: Queen Snapper
JENIS: Etelis Oculatus
UKURAN: Rata-rata 1,5-2,5 kg, berat maximum tidak diketahui
REKOR DUNIA: 11 pounds
KARAKTER: Tidak ada pertarungan yang dapat diharapkan, berkat kedalaman laut dan piranti yang tidak sesuai yang biasanya digunakan.

KAKAP DOMBA
NAMA LAIN: Mutton Snapper, Muttonfish, Reef King, Pargo
JENIS: Lutjanus Analis
UKURAN: Rata-rata 2,5-7,5 kg, dapat mencapai 15 kg lebih
REKOR DUNIA: 28 pounds
KARAKTER: Jenis ini merupakan petarung yang kuat dikedalam-an, dan dapat menampilkan pesonanya di tempat dangkal atau melarikan diri dipermukaan, lalu turun dengan terus menerus untuk kemudian bertahan dengan memanfaatkan kekuatan dan sisi lebar tubuhnya.

TANDA-TANDA
NAMA LAIN: Mahogany Snapper, Ojonco
JENIS: Lutjanus Mahogoni
UKURAN: Hingga 1,5 kg
REKOR DUNIA: Tidak ada
KARAKTER: Cukup baik seperti halnya Kakap kecil lain.

JENAHA
NAMA LAIN: Lane Snapper,Spot Snapper,Cady Snapper,Biajaiba
JENIS: Lutjanus Synagris
UKURAN: Rata-rata 0,5 kg, dapat mencapai 2,5 kg
REKOR DUNIA: 7 pounds
KARAKTER: Sambarannya agresif pada umpan alami maupun tiruan, jenis ini asyik untuk dipancing namun bukanlah petarung yang istimewa, apalagi jika dilihat ukurannya yang kecil.

KAKAP BATU
NAMA LAIN: Gray Snapper, Mangrove Snapper, Black Snapper, Mango, Caballerote
JENIS: Lutjanus Griseus
UKURAN: Rata-rata 1-3 kg, dapat mencapai 10 kg lebih
REKOR DUNIA: 17 pounds
KARAKTER: Ketika terpancing, Kakap Batu akan melarikan diri dengan cepat, lalu melakukan pertarungan yang hebat hingga ke sisi perahu.

KAKAP ANJING
NAMA LAIN: Dog Snapper, Yellow Snapper, Jocu
JENIS: Lutjanus Jocu
UKURAN: Rata-rata 1-7,5 kg, dapat mencapai 15 kg lebih
REKOR DUNIA: 24 pounds
KARAKTER: Petarung yang kuat.

KAKAP CUBERA
NAMA LAIN: Cubera Snapper, Cuban Snapper, Cuban Dog, Snapper
JENIS: Lutjanus Cyanopterus
UKURAN: Rata-rata 15-25 kg, dapat mencapai 50 kg lebih
REKOR DUNIA: 121 pounds
KARAKTER: Petarung sejati yang memanfaatkan ukuran dan kekuatannya serta semua rintangan yang ada disekitarnya demi keuntungan untuk perlawanannya.

KAKAP SIRIP HITAM
NAMA LAIN: Black Snapper, Blackspot, Bahamas Red Snapper
JENIS: Lutjanus Buccanella
UKURAN: Rata-rata 1,5-2 kg, dapat mencapai 5 kg
REKOR DUNIA: 7 pounds
KARAKTER: Petarung yang kuat seperti jensi Kakap lainnya.

TENTANG IKAN LAINNYA:

Lanjutan..!

MANCING YUK (TANJUNG PASIR 2)


Islamic Calendar Widgets by Alhabib
Free Hijri Date

Kecantikan seseorang harus dilihat dari matanya, karena itulah pintu hatinya - tempat dimana cinta itu ada.